Header Melayang

Keterangan: untuk mengganti warna teks, silahkan cari kode warna #2167c7 (ada 6) silahkan ganti dengan kode warna yang anda inginkan.

Ghosting di Dinding dan Langit-Langit: Apa itu dan Apa yang Harus Dilakukan?

Seringkali, inspektur dan kontraktor akan menerima panggilan telepon dari pemilik rumah yang menjelaskan masalah jamur yang baru saja berkembang di dinding dan langit-langit rumah mereka. Biasanya mereka menggambarkan pola jamur sebagai noda hitam atau bintik-bintik di dinding dan langit-langit yang tampak mengikuti bingkai rumah.

Kabar baik bagi pemilik rumah ini adalah bahwa noda biasanya tidak berjamur dan tidak mungkin menimbulkan bahaya kesehatan bagi penghuni atau bahaya struktural pada bangunan. Masalah yang mereka gambarkan disebut "ghosting" atau "thermal bridging". Meskipun masalah ini tidak berbahaya, ini bisa menjadi gangguan.

Jika Anda memperhatikan pola pewarnaan yang tidak biasa ini di rumah Anda, akan sangat membantu untuk memahami mengapa terjadi ghosting di dinding dan langit-langit dan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya.

Memahami masalah ghosting di dinding
Untuk memvisualisasikan jembatan termal, mari kita pikirkan sebuah rumah di musim dingin . Anda berada di dalam ruang hangat yang nyaman untuk memasak, membersihkan, bernapas, dan mandi semuanya menciptakan kelembaban di dalam rumah. Anda mungkin juga membakar lilin, dupa, atau kayu untuk api. Di musim dingin, insulasi di rumah Anda, jika berfungsi dengan baik, akan membantu menahan dingin dan panas masuk. Insulasi dipasang di ruang tiang di dalam dinding dan di lantai loteng. Faktor pembatas untuk sebagian besar insulasi adalah tidak menutupi bingkai kayu bangunan, hanya ruang kosong diantara bingkai.

Ghosting terjadi ketika udara interior yang agak lembab, hangat, dan mungkin jelaga mengembun di bagian dinding dan langit-langit yang lebih dingin karena bagian rangka kayu tidak diisolasi. Ini menghasilkan noda jelaga hitam di dinding dan langit-langit Anda yang mengikuti pola bingkai rumah Anda. Kadang-kadang noda bahkan dapat mengungkap paku di dinding karena logam lebih rentan menjadi permukaan yang mengembun. Biasanya, jumlah kondensasi tidak cukup untuk menyebabkan jamur atau masalah struktural, tetapi dapat menimbulkan garis-garis yang mengganggu pada dinding dan langit-langit. Jadi, bagaimana Anda memperbaikinya?

Langkah-langkah untuk memperbaiki ghosting dan noda hitam
Langkah pertama yang perlu Anda ambil untuk menghentikan ghosting di dinding adalah menghilangkan partikel udara dalam ruangan . Berhenti membakar lilin, kayu bakar, atau dupa. Langkah selanjutnya adalah memantau kelembaban relatif di dalam rumah. Beli pengukur kelembaban dan suhu yang murah dan coba dan jaga kelembaban dalam ruangan Anda di bawah 55 persen selama bulan-bulan musim dingin. Anda biasanya dapat melakukan ini dengan menyalakan kipas mandi, yang akan memberikan efek pengeringan pada rumah Anda saat Anda mengeluarkan udara hangat yang lembap dan menggantinya dengan udara dingin yang kering. Terakhir, Anda perlu menggunakan cat penghilang noda untuk menutup noda dan mengecat ulang dinding dan langit-langit.

Jika Anda melihat pewarnaan berkembang dalam pola yang lebih besar di dinding atau langit-langit, di tempat-tempat di antara bingkai, ini menunjukkan kemungkinan dinding atau langit-langit tidak disekat dengan benar. Sayangnya, satu-satunya perbaikan adalah membuka dinding atau langit-langit dan menyekatnya dengan benar.

Bagaimana jika noda hitam itu sebenarnya adalah jamur?
Jika Anda menghubungi seorang profesional dan menentukan bahwa noda hitam tersebut sebenarnya adalah jamur, Anda memiliki beberapa pilihan tergantung pada seberapa parah jamur tersebut. Terlepas dari apa yang Anda lakukan, penting bagi Anda untuk menghubungi seorang ahli untuk menilai situasi dan menentukan risiko kesehatannya. Setelah melakukannya, Anda dapat menghubungi perusahaan pembersih, yang akan menggosok area yang terinfeksi dengan deterjen dan bahan pembersih khusus. Atau, jika jamur tidak terlalu parah, Anda dapat membuat campuran bahan pembersih dan menggosok sendiri jamur tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buat larutan yaitu 1/4 pemutih dan 3/4 air.
  2. Basahi bagian dinding yang terkena sampai jenuh dengan larutan.
  3. Biarkan larutan meresap ke area yang terkena selama 5-10 menit.
  4. Gosok area yang terkena dengan sikat sampai noda jamur hilang.
Ulangi sampai noda dibersihkan.

Bagaimana saya bisa mencegah pembentukan jamur?
Untuk mencegah terbentuknya jamur, simak tips berikut ini:

  1. Pastikan untuk menjalankan kipas kamar mandi Anda saat mandi dan setelahnya untuk mencegah kelembapan menumpuk. Jika memungkinkan, mandilah dengan pintu terbuka untuk mendorong sirkulasi dan ventilasi yang baik.
  2. Bersihkan tumpahan air atau cairan lain yang signifikan dengan cepat.
  3. Gunakan cat tahan jamur di kamar mandi dan ruangan lain yang memiliki kelembapan tinggi.
  4. Sering-seringlah membersihkan kamar mandi Anda.
Jadi, lain kali Anda melihat noda hitam di rumah Anda sendiri atau di rumah di pasar perumahan yang Anda pertimbangkan untuk dibeli, jangan panik. Hubungi inspektur atau kontraktor setempat dengan spesialisasi dalam menghilangkan jamur dan mereka dapat membantu Anda menentukan tingkat keparahan dan luasnya masalah, apakah itu berbayang di dinding atau jamur.

Tertarik untuk renovasi rumah Anda?


Kami siap membantu Anda melakukan renovasi rumah ataupun bangun baru. Silakan langsung hubungi kami untuk konsultasi secara gratis. Silakan cek di sini

jasa renovasi rumah di indonesia, jasa renovasi rumah area indonesia, kontraktor terpercaya indonesia, tanda tangan SPK di depan notaris, garansi tidak turun spek, siap diperkarakan secara hukum bila memang melakukan ketidakjujuran

Blog Post

Related Post

Back to Top

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Artikel